News

KUNJUNGAN KERJA KOMISI III DPRD KABUPATEN GRESIK

SEKRETARIAT Setelah beberapa minggu yang lalu, Komisi III DPRD Kabupaten Gresik kembali mengunjungi Sekretariat DPRD Kabupaten Rembang pada hari Jumat, 26 April 2019. Kunjungan Kerja mereka kali ini ingin bertukar pikiran mengenai sistem irigasi produkstivitas pangan yang ada di Rembang. Bertempat di Ruang Badan Anggaran, ditemui oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Rembang, Bapak Drs. Drupodo, M. Si dan Bapak Deddy Nurcahyanto, SP, MT, MA.
Bapak Deddy menerangkan bahwa sistem irigasi pertanian di Kabupaten Rembang sebagian besar masih mengandalkan sistem tadah hujan. Untuk menunjang sistem irigasi, Pemerintah Kabupaten Rembang membangun sapras irigasi primer, sekunder serta tersier. Sistem irigasi tersier dikelola oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) atau difasilitasi oleh Dinas Pertanian. Sedangkan untuk penyediaan air baku, Kabupate Rembang tidak memiliki kewenangan, maka dicanangkan program konservasi sumber daya air seperti waduk/ embung. Pemerintah juga mempunyai program pertanian sumur dangkal dengan kedalaman +/- 10 M. Untuk produktivitas pertanian, Rembang memiliki indeks tanam rata-rata sebanyak 1 kali/ Tahun dan sepanjang tahun untuk daearah-daerah tertentu, dengan hasil panen 5-6 Ton/ Ha. (red)

Sekretaris DPRD Jajaki Kerjasama ke Solo

Guna Meningkatkan kualitas perparkiran di Kabupaten Rembang Komisi A DPRD Kabupaten Rembang melalui hak inisiatifnya berencana membuat Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Perparkiran di Kabupaten Rembang. Menyingkapi hal tersebut pada hari Senin tanggal 18/02/2019 Sekeretaris DPRD Kabupaten Rembang Drs Drupodo ,M.Si bersama sama dengan, PPTK , PPKom dan BPP Kegiatan Penyusunan Naskah Akademik Raperda Inisiatif melakukan penjajakan kerjasama di LPPM Universitas Sebelas maret (UNS) Surakarta.

Read More

KUNJUNGAN KERJA KOMISI III DAN IV DPRD KABUPATEN GRESIK

SEKRETARIAT Dalam rangka memperoleh informasi terkait Raperda Pelaksanaan Ibadah Haji dan Pengalokasian Anggaran Bidang Infrastruktur Dalam APBD, Komisi III dan IV DPRD Kabupaten Gresik, mengunjungi Sekretariat DPRD Kabupaten Rembang pada Selasa, 26 maret 2019. Rombongan tersebut ditemui langsung oleh Ketua Komisi D dan Komisi C DPRD Kabupaten Rembang, saudara Henry Purwoko, S. Pd dan saudara Widodo di ruangan transit.
Beliau menjelaskan bahwa “ Rembang sudah memiliki Raperda untuk meningkatkan pelayanan ibadah haji. Diantaranya, angkutan dari kecamatan ke Kabupaten gratis, dari Kabupaten ke embarkasi juga gratis, pergi-pulang” Mengenai anggaran infrastruktur, saudara Widodo menyebutkan DPU Taru menganggarkan 210 M termasuk bantuan keuangan, sedangkan di DPKP 17,6 M, belum termasuk infrastruktur di Dinas lainnya. (red)

KUNJUNGAN KERJA KOMISI IV DPRD KABUPATEN GRESIK DAN KOMISI D DPRD KABUPATEN SIDOARJO

SEKRETARIAT Selasa, 12 Februari 2019, Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Rembang nampak penuh. Hal ini dikarenakan pada hari itu Komisi D DPRD Kabupaten Rembang menerima Kunjungan Kerja dari dua kabupaten sekaligus yakni Komisi IV DPRD Kabupaten Gresik dan Komisi D DPRD Kabupaten Sidoarjo. Kedua kabupaten tersebut ingin study banding terkait Hibah, Dana Sosial dan Kesejahteraan Rakyat. Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Rembang, Saudara Henry Purwoko, S. Pd, menerangkan, bantuan untuk Masjid sebesar 100 Juta, Musholla 50 Juta dan Pondok Pesantren sebesar 300 Juta. Kabupaten fokus pada tempat ibadah karena di Kabupaten Rembang banyak Tokoh Ulama besar. Sedangkan untuk proses verifikasi sama seperti kabupaten lainnya, hasil pokok pikiran dibahas pada setiap komisi, kemudian di laporkan pada rapat paripurna untuk mendapat persetujuan anggota DPRD. Hasil pokir ini disampaikan kepada Kepala Bappeda untuk dimasukkan kedalam RKPD, sampai kemudian dibahas di perubahan KUA-PPAS sampai dengan RAPBD., masuk ke RKPD.(red)

KUNJUNGAN KERJA SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN BENGKULU

SEKRETARIAT Perkembangan Aplikasi berbasis Tehnologi di Sekretariat DPRD Kabupaten Rembang, menjadi daya tarik tersendiri bagi Sekretariat DPRD beberapa daerah, bukan hanya dari dalam jawa tapi bahkan luar Jawa. Sekretariat DPRD Kabupaten Rembang kerap menjadi rujukan bagi mereka yang ingin belajar serta turut mengaplikasikan program-program yang ada. Hal ini juga yang menarik Sekretariat DRPD Kabupaten Bengkulu pada hari Rabu, 9 Januari 2019, melakukan Kunjungan Kerja ke Sekretariat DPRD Kabupaten Rembang. Mereka tertarik untuk mengaplikasikan SIM Surat (Agenda Surat).Sekretaris DPRD Kabupaten Rembang, Bapak Drs. Drupodo, M. Si, menjelaskan bahwa “Latar belakang penerapan SIM Surat adalah sulitnya mendeteksi keberadaan arsip surat-surat lama yag masih diperlukan dengan menejemen pengarsipan manual”. Disamping itu, Sekretariat DPRD Kab. Rembang sudah menerapkan beberapa aplikasi berbasis tehnologi diantaranya PP Finder. “Aplikasi ini sudah menyimpan sekitar 3000-an peraturan perundangan dari yang tertinggi sampai tingkat daerah. Aplikasi ini sangat mempermudah disaat kita ingin mencari PP soal Pertanian, misalnya, nanti akan keluar semua yang berkaitan dengan Pertanian atau bisa lebih spesifik lagi” tegasnya. Ini tentu merupakan hal yang sangat membanggakan dan bisa memberi nilai lebih bagi Pemerintah Kabupaten Rembang.(red)

Sekretariat DPRD Rembang Kunjungi Karanganyar

Sekretariat DPRD. Selasa 27 November 2018 Sekretaris DPRD Kabupaten Rembang Drs Drupodo ,Msi beserta Kabag Rapat Risalah dan perundang undangan,Kasubag Rapat Risalah,Kasubag Dokumentasi Humas dan Protokol,Kasubag Pengawasan,dan empat orang Staf berkunjung ke Sekretariat DPRD Kabupaten Karanganyar guna berbagi ilmu dalam melaksanakan fasilitasi terhadap Pimpinan dan Anggota DPRD untuk melaksanakan Tri fungsi DPRD. Pada Kunjungan tersebut ditemui langsung oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Karanganyar Drs Sujarno, Msi beserta Kabag Persidangan Agus Hartanto, S.H ., MM , Kasubag Legislasi Titik Pujiastuti, S. H ,Kasubag Humas dan Protokol Cuk Hargiyanto, S. H., MM .

Read More

Sekretariat DPRD Kabupaten Rembang ‘Ngangsu Kawruh’ di Surakarta

Sekretaris DPRD Kab.Rembang dalam Study Banding Di Sekretariat DPRD Kota Surakarta

Sekretariat DPRD. Dalam melaksanakan tugas sebagai Aparatur sipil Negara di sekretariat DPRD Kabupaten Rembang dituntut untuk selalu bisa melayani Pimpinan dan Anggota DPRD dalam melaksanakan Tri fungsi DPRD, guna memperkuat kualitas pelayanan Senin 26 November 2018, Sekretaris DPRD Kabupaten Rembang Drs Drupodo ,Msi beserta Kabag Rapat Risalah dan perundang undangan,Kasubag Rapat Risalah,Kasubag Dokumentasi Humas dan Protokol,Kasubag Pengawasan,dan empat orang Staf melakukan Study banding di Sekretariat DPRD Kota Surakarta. Dalam Study banding yang berlangsung diruang Transit Sekretariat DPRD Kota Surakarta di temui oleh Kabag Rapat dan Peraturan Perundangan ibu Sri Kadarwati, S.H.,MM. Pertemuan tersebut diantaranya membahas tentang masa Sidang DPRD,Tata Tertib DPRD, Mekanisne tentang pelaksanaan reses dan berbagai macam kegiatan kehumasan. Menurut Ibu Sri Kadarwati Sekretariat DPRD Kota Surakarta sudah mempunyai aplikasi E_ Risalah dan E_ Notulen guna menunjang pelayanan terhadap pelaksanaan rapat rapat Pimpinan dan Anggota DPRD.

ASN Sekretariat DPRD Kabupaten Rembang Ikuti Bimbingan Teknis

Sekretaris DPRD Kab.Rembang dalam pembukaan Bimbingan Teknis ASN Sekretariat DPRD Kab.Rembang.

Sekretariat DPRD.Guna meningkatkan kapasitas sumber daya manusia pada sekretariat DPRD Kabupaten Rembang, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Sekretariat DPRD Kabupaten Rembang diwajibkan mengikuti Bimbingan Teknis yang diadaakan di Hotel The Alana pada tanggal 9 sampai 11 November 2018. Menurut Sekretaris DPRD Kabupaten Rembang Drs Drupodo Msi,Bimbingan Teknis ini diadakan guna meningkatkan pemahaman terhadap setiap regulasi yang ada dan untuk mengantisipasi aturan aturan yang selalu berubah ubah. Sebagai Aparatur Sipil Negara pada Sekretariat DPRD, di tuntut untuk bisa bekerja sesuai dengan tupoksinya masing masing sebagai pendukung Tri fungsi DPRD. Oleh karena itu setiap ASN Sekretariat DPRD harus memiliki kompetensi yang diperlukan sebagai pengelola keuangan daerah. Dalam pelaksanaan Bimbingan teknis ini mengandeng Universitas Tujuh Belas Agustus Semarang sebagai penyelenggara kegiatan. Materi yang di angkatpun cukup berbobot dengan nara sumber yang berkualitas dari inspektorat Propinsi Jawa Tengah dan dari Kementerian Dalam Negeri, serta motivator dari UKSW

Kunjungan Kerja Komisi A DPRD Kabupaten Tuban

SEKRETARIAT Dalam Rangka mencari bahan masukan untuk Rancangan Peraturan Daerah terkait Hak Cuti Kepala Desa, Komisi A DPRD Kabupaten Tuban mengadakan kunjungan kerja ke DPRD Kabupaten Rembang pada hari Jum’at, 21 September 2018. Mereka juga sharing terkait Tunjangan Purna Bhakti/ Tali Asih dan juga Money Politic  pada pelaksanaan Pilkades.

Plt Ka. Bag. Tata Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Rembang, Bapak Gunari, yang kemarin turut diundang untuk menjadi narasumber menjelaskan “ Perda yang mengakomodir Hak Cuti Kepala Desa bersifat umum, mengacu pada Permendagri, yakni apabila Kepala Desa tidak dapat bertugas selama lebih dari 7 hari, maka akan ada Plt yang bertugas, yaitu Sekretaris Desa. Hal tersebut relevan untuk Cuti Haji/ umroh/ Pilkades “ terkait Tunjangan Purna Bhakti/ Tali Asih dan Money Politic beliau menjelaskan “ dulu pernah ada, tapi karena tidak ada dasar hukumnya, sekarang ditiadakan. Untuk praktek permainan uang dalam pelaksanaan Pilkades kami sudah berusaha meminimalisir, salah satunya dengan cara membebankan semua biaya pelaksanaan Pilkades pada APBD”. Demikian hasil dari kunjungan kerja tersebut.