DPRD REMBANG Komisi B DPRD Kabupaten Madiun yang membidangi Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat menyambangi DPRD Kabupaten Rembang, Senin (21/3/2022) bertempat di Ruang Banggar. Wakil Ketua DPRD Kabupaten Madiun, Slamet Riyadi yang kala itu berkesempatan memimpin rombongan, menyampaikan maksud dan tujuannya berkunjung ke Rembang.

“Tujuan kami tidak lain tidak bukan adalah untuk ngangsu kaweruh terkait program-program apa saja yang sudah ada di Rembang sebagai upaya peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, utamanya pada sektor pertanian dan pariwisata, karena Kabupaten Madiun bergantung pada dua sektor tersebut” paparnya.

Sekretaris DPRD Kabupaten Rembang, Nur Purnomo Mukdiwidodo yang turut didampingi oleh Kepala Bagian Anggaran dan Pengawasan , Sri Watini serta Kepala Bagian Rapat Risalah dan Perundang-undangan, Y. Bimo Ariwibowo, dalam tanggapannya menjelaskan bahwa pada sektor pertanian, Rembang baru-baru ini punya terobosan. Selain secara masiv memberikan bantuan alat pertanian dan pupuk bersubsidi pada kelompok pertanian, tiga bulan terakhir rutin diadakan pasar murah dua minggu sekali, bertempat di lapangan parkir Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang.

“Acara ini bertujuan agar hasil panen tani yang harganya anjlok di pasaran bisa dibeli dengan harga yang lebih layak” Nur Purnomo melanjutkan “Awalnya acara ini merupakan prakarsa dari teman-teman ASN yang prihatin dengan anjloknya harga cabe, kemudian berinisiatif membentuk komunitas ASN Bersatu yang menjembatani antara penjual dan ASN yang ingin membantu dengan membeli hasil panen mereka, dan akhirnya menjadi lebih solid dengan adanya pasar murah ini”

Pada sektor wisata, Nur Purnomo mencoba menjelaskan bahwa destinasi wisata kota saat ini kalah saing oleh destinasi wisata yang ada di desa-desa. Dengan adanya dana desa dan dibentuknya BUMDes, setiap desa berlomba-lomba untuk mengembangkan sektor wisatanya masing-masing. Salah satu di antaranya adalah Karang Jahe Beach, destinasi wisata pantai di wilayah pemerintahan Desa Punjulharjo ini mampu menyokong PAD mencapai 2 Milyar setahun.

“Yang sedang viral sekarang ini adalah Karang Jahe Beach, wisata pantai ini berhasil masuk lima besar tingkat nasional sebagai kawasan wisata terbaik nusantara 2019 dan mendapat kucuran anggaran sebesar 400 juta” ujarnya bangga.

Di akhir acara, Wahyu Hidayat, Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Madiun mengatakan mengaku tertarik untuk menerapkan program pasar murah yang sudah mulai berjalan di Kabupaten Rembang selama tiga bulan terakhir tersebut. (hznl/pamoengkas/setdprd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *